Bismillahir rohmanir rohim
Pengerjaan EMIS semester genap tahun pelajaran 2015-2016 sudah dimulai, pertama dengan dilirisnya format pendaataan EMIS berbentuk exl oleh EMIS Pendis sebagai pengelola EMIS yang terdiri dari empat komponen yakni :
Nah, berikut masalah-masalah yang timbul saat backup EMIS semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada Aplikasi Dekstop beserta solusinya,
1. Permasalahan pertama
Solusi samakan speling nama kecamatan (data Lembaga) dengan yang berada alamat di form profil
18. Masalah kedelapan belas
Cara merubah Kecamatan lokasi lembaga bilaman
lokasi ternyata salah kecamatan adalah dengan memilih terlebih dahulu dari Propinsi,
kabupaten dan kemudian kecamatan yang dimaksud kemudian selesaikan satu
form prodil sampai dengan selesai (data jarak) baru tekan tombol
simpan kemudian jangan lupa “keluar’ terlebih dahulu dari aplikasi sebelum
melanjutkan upload data detil PTK/Siswa/lulusan
19. Masalah kesembilan belas
Saat akan upload data detil PTK/Siswa/Lulusan muncul “Alert” seperti diatas . Ini disebabkan kerusakan file xls
Solusi: sebaiknya unduh ulang dan kerjakan file xls di komputer yang lain, karena komputer yang digunakan sepertinya terkena virus
26. Msalah kedua puluh enam
Perintah “Alert” sudah cukup jelas, dapat dipastikan ada tanggal lahir yang tidak sesuai kriteria tersebut
27 Masalah kedua puluh tujuh
Bilamana masih muncul tulisan tersebut dan dirasa datanya sudah betul, silahkan update aplikasi desktop dengan mengunduhnya kembali di situs emis_sdm, silahkan di replace kedalam aplikasi yang lama tanpa mereplace folder database yang berada di dalam aplikasi
Demikian yang dapat admin infokan semoga manfaat, Amin
sumber : http://www.infodinasdepag.info
Pengerjaan EMIS semester genap tahun pelajaran 2015-2016 sudah dimulai, pertama dengan dilirisnya format pendaataan EMIS berbentuk exl oleh EMIS Pendis sebagai pengelola EMIS yang terdiri dari empat komponen yakni :
- Lembaga
- Personal (PTK)
- Lulusan dan
- Siswa
Nah, berikut masalah-masalah yang timbul saat backup EMIS semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada Aplikasi Dekstop beserta solusinya,
1. Permasalahan pertama
ada dua kemungkinan jika muncul seperti diatas yaitu :
- Aplikasi pernah digunakan untuk login sebuah lembaga denga nilai NSM tertentu. Solusinya adalah menggunakan aplikasi baru (fresh) yang belum digunakan untuk login.
-
NSM lembaga tersebut memang belum terdata di master database EMIS. Solusinya adalah menambahkan id lembaga ke dalam Aplikasi Pendiirian Madrasah, sehingga nanti saat update Semester Genap sudah bisa melakukan Update Data.2. Permaaslah keduaHal ini diakibat karena format region komputer anda belum di setting menjadi English (United States)
Hal ini diakibat File excell yang akan diupload masih terbuka.
4. Masalah keempat
Hal ini diakibatkan perilaku Copy Paste dari data yang sudah ada
dan kurang cermat (perhatikan Header excell dan kolom lainnya), Contoh
kesalahan adalah sebagai berikut ini
Format dengan nilai E+17 itu salah..Seharusnya tertulis seperti
deret text biasa yakni 123456789012345678.
5. Masalah kelima
Hal ini diakibatkan perilaku Copy Paste dari data yang sudah ada dan kurang
cermat (perhatikan Header excell dan kolom lainnya), Contoh kesalahan
adalah sebagai berikut ini:
Kolom Periode Menerima BSM Seharusnya
tertulis jumlah frekuensi bukan Tahun. contoh 1 atau 2 atau
juga bisa Nama Siswa yang terlalu Panjang
6. Masalah keenam
Hal ini diakibatkan, ketidak sesuaian
antara type OS dengan engine acces. Kasus diatas menyatakan engine OS type 64
bit tidak ter”tanam” di dalam komputer
Solusi : Lakukan ceking seperti proses ceking (Type Engine Access), Pastikan ODBC (64-bit) tertanam driver accesnya. Bila yang tertanam driver acces 32 bit (lihat dibagian ODBC (32-bit)), maka driver tersebut harus di uninstall terlebih dahulu
Solusi : Lakukan ceking seperti proses ceking (Type Engine Access), Pastikan ODBC (64-bit) tertanam driver accesnya. Bila yang tertanam driver acces 32 bit (lihat dibagian ODBC (32-bit)), maka driver tersebut harus di uninstall terlebih dahulu
7. Masalah ketujuh
Hal ini diakibatkan, memory yang “terkuras”
akibat beberapa hal, a.l: berjalannya
beberapa aplikasi secara bersamaan, atau
juga bisa diakibatkan oleh antivirus/firewall yang bekerja, atau bisa juga di sebabkan oleh
virus yang “memakan” memory"
Solusinya: matikan semua aplikasi dan antivirus/firewall yang sedang bekerja. Kalau masih terjadi hal sama setelah semua dimatikan berarti HD komputer sebaiknya diinstall ulang dengan OS baru.
Solusinya: matikan semua aplikasi dan antivirus/firewall yang sedang bekerja. Kalau masih terjadi hal sama setelah semua dimatikan berarti HD komputer sebaiknya diinstall ulang dengan OS baru.
8. Masalah kedelapan
Hal ini diakibatkan, kesalahan operasi aplikasi
Solusinya: Menggunakan Aplikasi terbaru
Solusinya: Menggunakan Aplikasi terbaru
9. Masalah kesembilan
Hal ini diakibatkan, kesalahan operasi aplikasi dalam mentransfer
“pengindex”-kan Biasanya akibat kesalahan isi data, contohnya tanggal
lahir
Solusinya: Jangan Pernah Copy Paste dalam pengisian data
Solusinya: Jangan Pernah Copy Paste dalam pengisian data
10. Masalah kesepuluh
Hal ini diakibatkan, “ketidaksempurnaan”
software office terutama excell
Solusinya: Install ulang office
Solusinya: Install ulang office
11. Masalah kesebelas
Hal ini diakibatkan terdapat “kesalahan”
sehingga secara terpaksa OS menutup operasional aplikasi
atau aplikasi “TIDAK MAU BERJALAN”.
Solusinya: proses cek .netframework di lakukan ulang, jika memenuhi syarat, lakukan proses cek type engine access, jika sudah memenuhi syarat, salah satu trik berikut bisa dilakukan
Solusinya: proses cek .netframework di lakukan ulang, jika memenuhi syarat, lakukan proses cek type engine access, jika sudah memenuhi syarat, salah satu trik berikut bisa dilakukan
12. Masalah kedua belas
Silahkan unduh .NET Framework tersebut dari
internet
13. Masalah ketiga belas
Terlihat warning penulisan “salah”, padahal
jika dilihat datanya sudah betul
Solusi: cek regional setting seperti slide 7 (bagian Desimal Symbol dengan tanda titik (.) )
Solusi: cek regional setting seperti slide 7 (bagian Desimal Symbol dengan tanda titik (.) )
14. Masalah keempat belas
Terlihat warning yang sangat jelas
sekali.
15 Masalah kelima belas
Lihat form xls error di folder validasi
error didalam aplikasi. Perhatikan dengan
sekesama setiap cell pada kolom tanggal lahir tersebut, biasanya terdapat
karakter spasi
Jika setelah di cek tidak ada spasi, lihat kembali slide 7 pengaturan di regional setting (format tanggal ) dalam format English (United States)
Jika setelah di cek tidak ada spasi, lihat kembali slide 7 pengaturan di regional setting (format tanggal ) dalam format English (United States)
16. Masalah keenam belas
Terlihat di sources xls dan setelah diupload
terdapat perbedaan (data Lulusan MA)
Solusi silahkan update aplikasi dengan megunduh aplikasi dari emis_sdm kemudian replace ke dalam aplikasi lama (TANPA MEREPlace folder database)
Solusi silahkan update aplikasi dengan megunduh aplikasi dari emis_sdm kemudian replace ke dalam aplikasi lama (TANPA MEREPlace folder database)
17. Masalah ketujuh belas
Bilamana setelah uload detil PTK/Siswa/Lulusan,
nama kecamatan berwarna merahSolusi samakan speling nama kecamatan (data Lembaga) dengan yang berada alamat di form profil
18. Masalah kedelapan belas
19. Masalah kesembilan belas
Perhatikan seksama “alert” tersebut, pastikan setiap jenis ekskul
yang dipilih terisi jumlah siswa yang mengikuti, buka tab ekskul yang kedua dan periksa kembali
setelah itu tekan simpan. Bilaman masih muncul tulisan tersebut dan dirasa
datanya sudah betul, silahkan update aplikasi desktop
20. maslah kedua puluh
Terlihat warning yang sangat jelas
sekali. Periksa kembali file xls
21. masalah kedua puluh satu
Setelah Upload Detil PTK/Siswa/Lulusan,
terdapat warna merah pada kabupaten/kecamatan tempat tinggal, maka yang harus
dilakukan adalah menyamakan spelling nama wilayah tersebut dengan kode
master yang dapat dilihat di http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/mstkec.xlsx
22. masalah kedua puluh dua
Di Bagian Gagal Validasi upload detil
PTK/Siswa/Lulusan seakan tidak terlihat “kesalahan” pengisian.
Solusinya adalah lihat di bagian folder validasi error, buka file
xls tentang data detil yang salah tersebut, nanti akan terbuka warna merah
terlihat di kolom yang menurut sistem datanya salah
23. Masalah kedua puluh tiga
Saat proses upload detil PTK/Siswa/Lulusan,
terlihat seakan file tidak selesai “mentrasfer”. Solusinya
buka task manager matikan file xls yang sedang berjalan, tutup semua file
xls dan aplikasi. Kemudian login kembali dan lakukan upload data.
Catatan : untuk lebih cepat “mentransfer: file excell, sebaiknya file
detil PTK/Siswa/Lulusan disimpan dalam type xls bukan xlsx
24. Masalah kedua puluh empat
Saat akan backup ternyata terdapat warna
merah pada jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin (data jenis
kelamin homogen)
Solusinya update aplikasi
25. Masalah kedua puluh limaSolusinya update aplikasi
Saat akan upload data detil PTK/Siswa/Lulusan muncul “Alert” seperti diatas . Ini disebabkan kerusakan file xls
Solusi: sebaiknya unduh ulang dan kerjakan file xls di komputer yang lain, karena komputer yang digunakan sepertinya terkena virus
26. Msalah kedua puluh enam
Perintah “Alert” sudah cukup jelas, dapat dipastikan ada tanggal lahir yang tidak sesuai kriteria tersebut
27 Masalah kedua puluh tujuh
Bilamana masih muncul tulisan tersebut dan dirasa datanya sudah betul, silahkan update aplikasi desktop dengan mengunduhnya kembali di situs emis_sdm, silahkan di replace kedalam aplikasi yang lama tanpa mereplace folder database yang berada di dalam aplikasi
Demikian yang dapat admin infokan semoga manfaat, Amin
sumber : http://www.infodinasdepag.info
0 komentar:
Posting Komentar