Sabtu, 13 Juli 2013

Kapan Kurukulum Baru Diimplementasikan di Madrasah ?



Assalamualaikum wr. wb.
Segala puji wajib kita panjatkan kepada Allah swt yang memberi kita umur panjang kepada kita sehingga kita sampai pada bulan yang penuh barokah, dan maghfirah. Selamat menunaikan ibadah puasa semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah swt. amin...
Postingan kali ini akan saya angkat permasalahan yang sedang hangat dibicarakan dalam dunia pendidikan yaitu pemberlakuan kurikulum baru atau kurikulum 2013 serta bagaimana sikap Kemenag dalam hal ini, mari langsung aja menuju ke TKP.
Kurikulum baru yang dikenal dengan kurikulum 2013 secara resmi akan diberlakukan terhitung mulai tanggal 15 juli 2013 berbarengan dengan tahun ajaran baru tahun 2013 / 2014. Dalam hal ini sesuai dengan Surat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor 0128/MPK/KR/2013, kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota tentang Implementasi Kurikulum 2013.
Dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 pada tahun pertama ini mencakup sebanyak 6.325 sekolah sasaran yang tersebar diseluruh Provinsi, dan 295 kabupaten/kota.
Yang harus menjadi perhatian dari Dinas Pendidikan untuk pemberlakukan kurikulum baru ini adalah :
  1. Mendaftar sekolah-sekolah yang sudah siap untuk implementasi kurikulum baru, misalnya ketersedian guru, akreditasi dll.
  2. Menyediakan anggaran untuk pengadaan buku siswa dan guru
  3. Menyiapkan guru untuk mengikuti pelatihan
  4. Menyelenggarakan pelatihan guru secara mandiri.
Dengan sedikit uraian diatas muncul sebuah pertanyaan, sudah siapkah sekolah kita didaftar?
Lalu bagaimana dengan lembaga madrasah yang notabene bernaungan di bawah Kemenag ?
Jawabannya silahkan dibaca dan dicermati sendiri tapi jangan lupa download dulu surat edaran dari Kemenag disini......!
Setelah dibaca dan dicermati jangan lupa tinggalkan komentar yang saya sediakan dibagian bawah postingan ini. ok semoga manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar