Rabu, 04 Desember 2013

Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun 2014

Ujian Nasional (UN) tahun 2014 akan diawali untuk jenjang SMA/MA, SMK/MAK, SMABL, pada tanggal 14 April 2014. Kemudian disusul UN untuk jenjang SMP/MTs, dan SMPLB pada 5 Mei 2014.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh mengatakan waktu pelaksanaan UN disesuaikan dengan kegiatan nasional salah satunya Pemilu Legislatif yang digelar 8 April 2014
"Kami pertimbangkan jadwal UN dengan kegiatan-kegitan nasional lain" ujarnya.


Menurut Nuh, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah menyiapkan berbagai antisipasi untuk menghindari peristiwa keterlambatan pencetakan naskah UN yang berujung kekisruhan pada pelaksanaan UN tahun ini. Salah satunya, memasukkan percetakan yang pernah bermasalah kedalam daftar hitam.
Ia mengungkapkan Kemdikbud juga akan memperketat spek teknis dari percetakan yang akan ditunjuk, yakni dari sisi kemampuan percetakan, kesesuaian dengan aturan main, kapasitas mesin, dan manajemen percetakan.
“Kami juga memberi waktu cetak yang lebih memadai. Kalau bulan April lalu hanya tiga minggu, maka akan dibuat lebih leluasa meski pun punya konsekuensi pengamanan,” katanya.
Terkait adanya percetakan yang mencetak naskah UN sekaligus kartu pemilu, Nuh berpendapat tidak masalah. Pihaknya akan mempertimbangkan tingkat kemampuan percetakan.
“Kartu pemilih dan naskah UN sama-sama dokumen negara, tapi tingkat kerahasiaannya berbeda. Naskah UN, isinya tidak boleh dilihat,” ujarnya.
Secara berturut-turut, mata pelajaran umum yang akan diujikan dalam UN yang dimulai 14 April 2014 adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan BahasaInggris, serta terakhir mapel IPA untuk SMP/MTs/SMPLB. UN susulan SMA/MA dan SMK/MAK digelar pada 22-24 April 2014. Sedangkan UN susulan SMP/MTs/SMPLB digelar 12-16 Mei 2014.
Mohammad Nuh sudah mengeluarkan Peraturan Mendikbud (Permendikbud) Nomor 97/2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraandan UN. Permendikbud itu mengatur tentang pelaksanaan UN 2014.
Presentase Nilai Rapor Naik
Secara terpisah, anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria mengatakan komposisi kelulusan siswa dalam UN 2014 masih sama dengan 2013, yaitu 60 persennilai UN dan 40 persennilai sekolah. Namun berbeda dengan UN 2013, untuk 2014, presentase nilai rapor dibuat lebih tinggi dari nilai ujian sekolah yakni 70:30.
Menurut Ramli, pemerintah menaikkan presentase nilai rapor demi mengantisipasi pihak sekolah melakukan dongkrak nilai ujian sekolah.
“Presentase nilai rapor dinaikkan karena rapor adalah hasil penilaian berkelanjutan dari kelas I-III, sedangkan nilai ujian diperoleh seketika saat itu. Sehingga, nilai rapor lebih menunjukkan kemampuan anak sebenarnya,” ujar Ramli, Kamis (21/11)
Ramli menjelaskan dalam UN ada dua nilai penentu yaitu nilai sekolah (NS) dan nilai akhir (NA). NS adalah gabungan nilai rapor (70 persen) dan nilai ujian sekolah (30 persen). Sedangkan, NA adalah gabungan NS dan nilai UN. Seorang siswa dinyatakan lulus bila memenuhi dua faktor yaitu pertama, NA setiap matapelajaran yang diujinasionalkan paling rendah 4,0. Kedua, rata-rata NA untuk semua mata pelajaran paling rendah 5,5.
“Secara garis besar tidak berbedadari UN tahun ini. Hanya saja, nilai rapor dinaikkan dari 60 persen menjadi 70 persen,” ujar Ramli.
Dia mengatakan nilai rapor akan dikirim kepanitia UN pusat lebih awal dibandingkan nilai ujian sekolah. Nilai rapor yang diserahkan untuk SMP/MTs/SMPLB/Paket B serta SMK/MAK dan Paket C Kejuruan adalah nilai semester I-V untuk. Sedangkan, untuk SMA/MA/SMALB, dan Paket C menyerahkan nilai rapor semester III-V.
Bagaimanakah dengan UN untuk SD/MI....? Silahkan klik disini
 

Sumber: http://www.beritasatu.com

2 komentar:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    BalasHapus
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar jawa timur, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian dan membayar 30 jt namun hasilnya nol, uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, Dengan tdk segaja sy buka internet dan sy melihat komentar ibu sri Rahayu dr jawa timur Tentang Bpk Drs Sulardi yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan mengurusnya sampai SK dia keluar, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau mau membantu saya dan menyuruh saya mengirim berkas saya melalui e-mail, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar juga, sy sangat berterima kasi kepada Bpk Drs.sulardi yg telah membantu sy, dan tak lupa mengucap syukur kepada ALLAH SWT karna melalui Bpk Drs.Sulardi, masa depan sy sudah cerah, jadi teman2 jgn pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, dan sy sadar kalau tdk ada yg ngurus dr pst langsung meman sulit, karna banyaknya peserta. itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs.Sulardi, Hp:0823-3871-2222 Siapa tau belia masih bisa bantu. Untuk yg punya room, trima kasih untuk tumpanganya. Wassalm Ismail Yusup.

    BalasHapus