Senin, 08 Februari 2016

Masalah-Masalah Yang Timbul di Back Up EMIS Semester II TP 2015-2016 Dan Solusinya

Bismillahir rohmanir rohim
Pengerjaan EMIS semester genap tahun pelajaran 2015-2016 sudah dimulai, pertama dengan dilirisnya format pendaataan EMIS berbentuk exl oleh EMIS Pendis sebagai pengelola EMIS yang terdiri dari empat komponen yakni :
  • Lembaga
  • Personal (PTK)
  • Lulusan dan
  • Siswa
Setelah selesai dengan format exl nya maka pekerjaan untuk backup nya siap menunggu dengan ditandai diluncurkannya Aplikasi Dekstopnya, disinilah mulai banyak menemukan kendala.
Nah, berikut masalah-masalah yang timbul saat backup  EMIS semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada Aplikasi Dekstop beserta solusinya,
1. Permasalahan pertama
ada dua kemungkinan jika muncul seperti diatas yaitu :  
  • Aplikasi pernah digunakan untuk login sebuah lembaga denga nilai NSM tertentu. Solusinya adalah menggunakan aplikasi baru (fresh) yang belum digunakan untuk login.
  • NSM lembaga tersebut memang belum terdata di master database EMIS. Solusinya adalah menambahkan id lembaga ke dalam Aplikasi Pendiirian Madrasah, sehingga nanti saat update Semester Genap sudah bisa melakukan Update Data. 

    2. Permaaslah kedua
     
    Hal ini diakibat karena format region komputer anda belum di setting menjadi English (United States 
3. Masalah ketiga




Hal ini diakibat File excell yang akan diupload masih terbuka.
4. Masalah keempat


Hal ini diakibatkan perilaku Copy Paste dari data yang sudah ada dan kurang cermat (perhatikan Header excell dan kolom lainnya), Contoh kesalahan adalah sebagai berikut ini 


Format dengan nilai E+17 itu salah..Seharusnya tertulis seperti deret text biasa yakni 123456789012345678.

 5. Masalah kelima


Hal ini diakibatkan perilaku Copy Paste dari data yang sudah ada dan kurang cermat (perhatikan Header excell dan kolom lainnya), Contoh kesalahan adalah sebagai berikut ini:



Kolom Periode Menerima BSM Seharusnya tertulis jumlah frekuensi bukan Tahun. contoh 1 atau 2 atau juga bisa Nama Siswa yang terlalu Panjang

6. Masalah keenam


Hal ini diakibatkan, ketidak sesuaian antara type OS dengan engine acces. Kasus diatas menyatakan engine OS type 64 bit tidak ter”tanam” di dalam komputer

Solusi : Lakukan ceking seperti proses ceking (Type Engine Access), Pastikan ODBC (64-bit) tertanam driver accesnya. Bila yang tertanam driver acces 32 bit (lihat dibagian ODBC (32-bit)), maka driver tersebut harus di uninstall terlebih dahulu
7. Masalah ketujuh


Hal ini diakibatkan, memory yang “terkuras” akibat beberapa hal, a.l: berjalannya 


beberapa aplikasi secara bersamaan, atau juga bisa diakibatkan oleh antivirus/firewall yang bekerja, atau bisa juga di sebabkan oleh virus yang “memakan” memory"

Solusinya: matikan semua aplikasi dan antivirus/firewall yang sedang bekerja. Kalau masih terjadi hal sama setelah semua dimatikan berarti HD komputer sebaiknya diinstall ulang dengan OS baru.
8. Masalah kedelapan

Hal ini diakibatkan, kesalahan operasi aplikasi
Solusinya: Menggunakan Aplikasi terbaru
 9. Masalah kesembilan

Hal ini diakibatkan, kesalahan operasi aplikasi dalam mentransfer “pengindex”-kan Biasanya akibat kesalahan isi data, contohnya tanggal lahir
Solusinya: Jangan Pernah Copy Paste dalam pengisian data
10. Masalah kesepuluh

Hal ini diakibatkan, “ketidaksempurnaan” software office terutama excell 
Solusinya: Install ulang office
11. Masalah kesebelas

Hal ini diakibatkan terdapat “kesalahan” sehingga secara terpaksa OS menutup operasional aplikasi atau aplikasi “TIDAK MAU BERJALAN”.
Solusinya: proses cek  .netframework di lakukan ulang, jika memenuhi syarat, lakukan proses cek type engine access, jika sudah memenuhi syarat, salah satu trik berikut bisa dilakukan 
12. Masalah kedua belas

Silahkan unduh .NET Framework tersebut dari internet
13. Masalah ketiga belas

Terlihat warning penulisan “salah”, padahal jika dilihat datanya sudah betul 
Solusi: cek regional setting seperti slide 7 (bagian Desimal Symbol dengan tanda titik (.) )
14. Masalah keempat belas

Terlihat warning  yang sangat jelas sekali.
15 Masalah kelima belas

Lihat form xls error di folder validasi error didalam  aplikasi. Perhatikan dengan sekesama setiap cell pada kolom tanggal lahir tersebut, biasanya terdapat karakter spasi
Jika setelah di cek tidak ada spasi, lihat kembali slide 7 pengaturan di regional setting  (format tanggal ) dalam format English (United States) 
16. Masalah keenam belas

Terlihat di sources xls dan setelah diupload terdapat perbedaan (data Lulusan MA)
Solusi silahkan update aplikasi dengan megunduh aplikasi dari emis_sdm kemudian replace ke dalam aplikasi lama (TANPA MEREPlace folder database)
17. Masalah ketujuh belas
Bilamana setelah uload detil PTK/Siswa/Lulusan, nama kecamatan berwarna merah
Solusi samakan speling nama kecamatan (data Lembaga) dengan yang berada alamat di form profil

18. Masalah kedelapan belas
Cara merubah Kecamatan lokasi lembaga bilaman lokasi ternyata salah kecamatan adalah dengan memilih terlebih dahulu dari Propinsi, kabupaten dan kemudian kecamatan yang dimaksud kemudian selesaikan satu form  prodil sampai dengan selesai (data jarak) baru tekan tombol simpan kemudian jangan lupa “keluar’ terlebih dahulu dari aplikasi sebelum melanjutkan upload data detil PTK/Siswa/lulusan

19. Masalah kesembilan belas


Perhatikan seksama “alert” tersebut, pastikan setiap jenis ekskul yang dipilih terisi jumlah siswa yang mengikuti, buka tab ekskul yang kedua dan periksa kembali setelah itu tekan simpan. Bilaman masih muncul tulisan tersebut dan dirasa datanya sudah betul, silahkan update aplikasi desktop
20. maslah kedua puluh

Terlihat warning  yang sangat jelas sekali. Periksa kembali file xls
21. masalah kedua puluh satu

Setelah Upload Detil PTK/Siswa/Lulusan, terdapat warna merah pada kabupaten/kecamatan tempat tinggal, maka yang harus dilakukan adalah menyamakan spelling nama wilayah tersebut dengan kode master yang dapat dilihat di http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/mstkec.xlsx
22. masalah kedua puluh dua

Di Bagian Gagal Validasi upload detil PTK/Siswa/Lulusan seakan tidak terlihat “kesalahan” pengisian. Solusinya adalah lihat di bagian folder validasi error, buka file xls tentang data detil yang salah tersebut, nanti akan terbuka warna merah terlihat di kolom yang menurut sistem datanya salah
23. Masalah kedua puluh tiga

Saat proses upload detil PTK/Siswa/Lulusan, terlihat seakan file tidak selesai “mentrasfer”. Solusinya buka task manager matikan file xls yang sedang berjalan, tutup semua file xls dan aplikasi. Kemudian login kembali dan lakukan upload data. Catatan : untuk lebih cepat “mentransfer: file excell, sebaiknya file detil PTK/Siswa/Lulusan disimpan dalam type xls bukan xlsx
24. Masalah kedua puluh empat

Saat akan backup ternyata terdapat warna merah pada jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin (data jenis kelamin homogen) 
Solusinya update aplikasi
25. Masalah kedua puluh lima
Saat akan upload data detil PTK/Siswa/Lulusan muncul “Alert” seperti diatas . Ini disebabkan kerusakan file xls
Solusi: sebaiknya unduh ulang dan kerjakan file xls di komputer yang lain, karena komputer yang digunakan sepertinya terkena virus
26. Msalah kedua puluh enam
Perintah “Alert” sudah cukup jelas, dapat dipastikan ada tanggal lahir yang tidak sesuai kriteria tersebut

27 Masalah kedua puluh tujuh

Bilamana masih muncul tulisan tersebut dan dirasa datanya sudah betul, silahkan update aplikasi desktop dengan mengunduhnya kembali di situs emis_sdm, silahkan di replace kedalam aplikasi yang lama tanpa mereplace folder database yang berada di dalam aplikasi

Demikian yang dapat admin infokan semoga manfaat, Amin
sumber : http://www.infodinasdepag.info














0 komentar:

Posting Komentar