Selasa, 12 Maret 2013

Kurikulum 2013 Menghapus Ujian Nasional Tingakat SD/MI

Assalamualaukm wr wb..
           Kabar akan diberlakukannya kurikulum 2013 semakin santer didengar, tapi eronisnya banyak orang yang belum tahu tentang kurikulum yang baru ini... lebih-lebih seorang guru kalo tidak tahu wah bukan lagi ironis,,, tapi celaka..
Melalui tulisan yang singkat inilah semoga sedikit akan mandapat ilmu yang penting tentang perubahan apa yang terjadi dikurikulum baru ini. Tulisan ini saya ambil dari situsnya UIN Malang.
Selamat membaca dan sebarkan informasinya kepada teman-teman guru di sekitar kita.


Kurikulum 2013 akan menghilangkan ujian nasional (UN) untuk tingkat SD (Sekolah Dasar) dan MI (Madrasah Ibtidaiyah). Nilai kelulusan diambil dari nilai laporan yang diberikan guru setiap semester. Sedangkan untuk SMP dan SMA, UN masih tetap diberlakukan.
 “Jika kurikulum sebelumnya pada SD ada 8 mata pelajaran, Kurikulum 2013 menjadi 6 mata pelajaran. Untuk SMP dari 10 menjadi 8 mata pelajaran. Sedangkan untuk SMA, sistem jurusan akan dihapuskan. Jika sebelumnya ada tiga jurusan, nanti ditukar dengan sistem pilihan dan pendalaman,” jelasnya.
        Contohnya siswa kelas IPS, boleh memilih pendalaman pada mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia, begitu pula sebaliknya.
     Dalam Kurikulum 2013, Musliar mengatakan lebih mengedepankan kesiapan guru dalam menjalankan program tersebut. Guru dituntut menguasai banyak pengetahuan umum, karena metode mengajar ditekankan praktik lapangan.
     “Contohnya pelajaran IPA, siswa diajak langsung ke lapangan mempelajari cirri-cir tumbuh-tumbuhan, jenisnya, manfaatnya dan lain sebagainya. Jadi tidak mesti di dalam kelas. Guru harus bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai labor bagi siswa, sehingga siswa bisa lebih kreatif, inovatif, produktif dan edukatif saat mengikuti pelajaran,” ulas putra Tanahdatar ini.
Dia menambahkan, sebelum diberlakukan program tersebut, pemerintah akan memberikan pelatihan pada guru terlebih dahulu. “Lewat sosialisasi ini, mudah-mudahan Sumbar bisa menjadi pelopor penerapan Kurikulum 2013,” katanya.
       Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan, Musliar Kasim turun langsung menyosialisasikan Kurikulum 2013 ke beberapa daerah di Sumbar. Dalam pertemuan yang dihadiri guru dan kepala sekolah itu disampaikan Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari dua kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satua Pendidikan (KTSP).
      Musliar menjelaskan, Kurikulum 2013 akan diuji coba selama setahun dan efektif diberlakukan pada tahun 2014 mendatang. Tahap awal diberlakukan pada kelas 1 dan 4 untuk SD, kelas 7 untuk SMP/MTsN dan SMA sederajat akan diberlakukan pada kelas X.
        “Tahap awal kita akan melakukan uji coba pada beberapa kelas,” terang mantan Rektor Unand.
Musliar menjelaskan, perbedaan Kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya adalah mata pelajaran yang diberikan pada peserta didik lebih simpel, karena beberapa mata pelajaran akan diintegrasikan. Misalnya, pelajaran geografi dan sejarah dirangkum menjadi pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS). Kemudian, pelajaran fisika, kimia, biologi dipadukan menjadi pelajaran IPA.
     Dengan diintegrasikannya mata pelajaran ini, buku yang digunakan siswa setiap tingkat pendidikan menjadi berkurang. Musliar menerangkan buku yang digunakan menjadi dua. “Dengan konsep kurikulum ini, satu buku sudah mencakup beberapa mata pelajaran,” jelasnya.
Wali Kota Padangpanjang, Suir Syam saat mengikuti sosialisasi menyatakan siap mendukung 100 persen pelaksanaan Kurikulum 2013.
Sedangkan sosialisasi di Padang, Fasli Jalal, mantan Wamendikbud menjelaskan, Kurikulum 2003 untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan. Untuk itu setiap guru dan kepala sekolah harus mendukung program tersebut.
        Sosialisasi yang dilakukan di lima daerah di Sumbar selama dua hari kemarin, disambut antusias para guru dan kepala sekolah. Para guru menilai Kurikulum 2013 dapat meringankan beban para pendidik dan murid dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Sumber : Blog.uin-malang.ac.id

 


       

 


0 komentar:

Posting Komentar