Sabtu, 16 Maret 2013

Manfaat Jalan Kaki

Assalamualaikum wr. wb.
Apa kabar sahabat blogger... Sudah lama sekali saya tidak posting masalah kesehatan, karena kesibukan yang selalu membuat waktu tak cukup untuk memposting masalah kesehatan. Alhamdullah akhirnya Allah SWT memberikan kesempatan untuk menulis kembali hal yang berkaitan dengan kesehatan. kali ini mengambil judul Manfaat Jalan Kali.
Judul ini saya angkat karena terinspirasi oleh kesehatanku sendiri yang akhir-akhir ini agak tidak stabil. Usut punya usut ternyata penyababnya adalah kurangnya olah raga, ini dapat saya maklumi karena pekerjaan saya yang menuntut untuk jarang berolahraga.
Olah raga ternyata tidak selalu harus mengeluarkan biaya dan tidak harus ada di tempat tertentu. Misalnya saja jalan kaki. Ternyata jalan kaki sangat besar manfaatnya bagi kesehatan kita, pantas saja orang yang aktifitasnya selalu jalan kaki akan lebih tahan terhadap penyakit,
Ok dech gak usah basa-basi langsung aja ke TKP....


Jalan kaki merupakan olahraga paling murah dan paling mudah dilakukan, namun sesungguhnya berjalan kaki mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut:


Mencegah stroke
Penelitian yang di lakukan terhadap 70 ribu perawat di Harvard School of Public Health yang dalam bekerja melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu membuktikan bahwa resiko terkena stroke menurun hingga dua pertiga.

Mencegah serangan jantung
Olahraga jalan kaki bisa menekan resiko terkena serangan jantung, jalan kaki mampu memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. dengan demikian kecukupan
oksigen otot jantung terpenuhi dan selalu terjaga untuk terus bekerja.selain itu kaki juga bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang menyerap LDL (kolesterol jahat). berjalan kaki mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung hingga lima puluh persen.

Menjaga berat badan dan menurunkan berat badan
Selain menjaga berat badan, berjalan kaki secara rutin juga merupakan olah raga mudah untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang kelebihan berat badan atau yang sedang melakukan diet. berjalan kaki secara rutin mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh dan membakar kelebihan kalori.
 
Mencegah Diabetes
Diabetes bisa  diatasi tanpa perlu menkonsumsi obat-obatan, yaitu apabila gula darah bisa di kontrol dengan menggerakkan badan / bergerak aktif. berjalan kaki mampu mengontrol kadar gula darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes.

Mencegah Osteoporosis
Jalan kaki terbukti selain memperkokoh otot, juga memperkuat tulang-tulang kita. selain itu extra kalsium dan vitamin D (cahaya matahari) juga diperlukan untuk mencegah osteoporosis, karena itu berjalan kaki di pagi hari atau lari pagi sangat tinggi manfaatnya bagi kesehatan
  Demikian semoga manfaat bagi kesehatan kita semua. amin...






0 komentar:

Posting Komentar