Sabtu, 16 Maret 2013

Manfaat Kopi dan Efek Sampingnya

Assalamualaikum wr wb
Postingan kali ini masih seputar kesehatan, sebelumnya sudah saya tulis mengenai manfaat jalan kaki, tapi kali ini akan saya postingkan masalah kopi dan efek yang diakibatkan oleh minuman yang berasal dari biji yang sudah tidak asing lagi bagi kita.
Siapa sich yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pasti suka dengan minuman ini. Apalagi anda pencandu rokok wach.... wajib hukumnya meminumnya. Bahkan kalo yang sudah terbiasa minum akan terasa sakit kepala jika tidak meminumnya karena zat kafein dari minuman ini.


Kopi berasal dari bahasa arab qahwah yang berarti kekuatan karena kopi memang mengandung energi tinggi, dalam perkembangan nya qahwah di Turki di sebut sebagai kahveh, lalu berkembang menjadi coffee dalam bahasa Inggris, dan koffie dalam
bahasa Belanda, orang Belanda lah yang memperkenalkan kopi kepada bangsa Indonesia, dalam bahasa Indonesia koffie berganti nama menjadi kopi.

SEJARAH KOPI

Ditemukan di Afrika:
Kopi pertama kali di temukan di benua Afrika, tepatnya di Ethiopia sekitar tahun 1000 SM. penemuan tersebut terjadi secara tidak sengaja setelah seorang pengembala menyadari bahwa ternaknya tetap terjaga setelah matahari terbenam dan terlihat begitu aktif setelah memakan sejenis biji-bijian. pengembala tersebut akhirnya tertarik untuk mencoba memasak dan memakan biji-bijian tadi. kebiasaan ini kemudian menyebar ke seluruh benua Afrika 

JENIS JENIS BIJI KOPI
sekarang ini terdapat berbagai jenis biji kopi, dan masing-masing memiliki keunikannya sendiri. di Indonesia saja kita bisa merasakan perbedaan cita rasa kopi lombok dan kopi lampung misalnya.. belum lagi kopi Jawa, dll.. namun terdapat dua jenis biji kopi utama, yaitu kopi Arabika dan kopi Robusta, berikut ini penjelasan biji kopi Arabika dan kopi Robusta ditambah satu kopi paling mahal di dunia, Kopi Luwak. orang Indonesia boleh berbangga karena kopi termahal di dunia ini berasal dari Indonesia. sayang nya tidak semua orang Indonesia bisa menikmati kopi Luwak karena kopi ini juga di jual mahal di Indonesia. saya sendiri sebagai penikmat kopi belum pernah merasakan kopi Luwak. hhehehe..


Biji kopi ARABIKA
Biji kopi ini merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. kopi ini berasal dari Ethiopia dan di kembangkan di Arab. namun sekarang sudah menyebar keseluruh dunia mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia.

Biji kopi ROBUSTA
pertama kali di temukan di Kongo pada tahun 1898. bisa di katakan kopi Robusta merupakan kopi nomor 2 setelah Arabika. rasanya lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung lebih banyak kadar kafein. dibandingkan tanaman kopi Arabika, tanaman kopi Robusta lebih tahan terhadap serangan hama, dan bisa tumbuh di daerah manapun. karena itu harga kopi Robusta lebih murah dari kopi Arabika

Biji KOPI LUWAK
Kopi asli Indonesia ini memiliki nilai jual tertinggi di dunia. proses terbentuknya biji kopi dan cita rasanya yang unik yang membuat kopi Luwak memiliki nilai jual sangat tinggi. Kopi Luwak merupakan jenis biji kopi Arabika yang kemudian di makan oleh Luwak (sejenis musang) dan kemudian di keluarkan lagi melalui kotorannya. setelah itu petani kopi Luwak akan mencuci kotoran tersebut dan mengolah biji kopinya menjadi Kopi Luwak. proses yang terjadi didalam perut luwak tadi lah yang menjadikan kopi ini memiliki cita rasa yang unik.

MANFAAT MINUM KOPI & EFEK SAMPING KEBANYAKAN MINUM KOPI

Kopi merupakan minuman berkhasiat dan berenergi, mengkonsumsi / minum kopi dalam jumlah cukup mempunyai banyak manfaat, beberapa manfaat kopi di antaranya adalah:
1. Meningkatkan daya respon otak
2. Meningkatkan metabolisme tubuh
3. Menjaga stamina tubuh
4. Mengurangi resiko penyakit jantung
5. Mengobati sakit kepala

Namun dalam konsumsi yang berlebihan kopi juga memiliki efek samping, beberapa efek samping kopi yaitu
1. Insomnia / Susah tidur
2. Menyebabkan sakit kepala
3. Meningkatkan resiko penyakit kanker
 

1 komentar: